Potensi Kekayaan Alam di Daerah Kalimantan Timur

Memiliki lahan budidaya non kehutanan seluas ± 6.520.622, 73 Ha, daerah Kalimantan Timur berhasil mengembangkan produk komoditas berupa karet, kelapa hybrida, kelapa sawit, kopi, lada, cengkeh, kakao, jarak, nira, serta beberapa tanaman farmasi, yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di pasar lokal maupun pasar internasional. Dari seluruh kawasan budidaya non kehutanan yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, 4,7 juta Ha dikembangkan sebagai perkebunan kelapa sawit dan sisanya dipergunakan sebagai lahan perkebunan produk komoditas lainnya.

Untuk sektor peternakan, Provinsi Kalimantan Timur memiliki lahan seluas 732.586,07 Ha yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di daerah tersebut. Dengan menyesuaikan kondisi Kalimantan Timur yang beriklim Tropika Humida, bisnis ternak yang cocok dikembangkan di wilayah tersebut meliputi pengembangan sapi perah, pembibitan dan penggemukan sapi, peternakan domba dan kambing, bisnis ternak ayam pedaging dan petelur, serta pengembangan industri pakan ternak.

Melimpahnya potensi kekayaan alam di daerah Kalimantan Timur menjadi modal utama bagi warga sekitar untuk mengembangkan berbagai macam peluang bisnis yang menjanjikan untung besar kedepannya. Dengan pemanfaatan yang tepat, diharapkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut bisa mengangkat perekonomian Daerah Kalimantan Timur dan menjadi sumber mata pencarian utama bagi warga sekitarnya. Salam sukses.

Tinggalkan komentar