Agromix Booster Sapi

Pakan merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam usaha ternak sapi. Guna meningkatkan kualitas dan produktivitas ternak, maka pakan harus memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Namun, sebagian besar permasalahannya yaitu kekurangan nutrisi pakan yang meliputi kandungan energi, protein, serta mikronutrisi seperti vitamin dan mineral yang dapat berpengaruh buruk terhadap reproduksi sapi. Oleh karena itu diperlukan upaya salah satunya dengan pemberian pakan sehat berkualitas dan sehat menyehatkan seperti Agromix Booster Sapi.

Agromix Booster adalah produk premix multinutrien yang diformulasikan secara lengkap dan seimbang melalui hasil penelitian panjang (lebih dari 15 tahun) untuk menunjang pemenuhan kebutuhan ternak akan unsur-unsur mineral makro dan mikro, multivitamin, asam amino, probiotik dan minyak essensial.

Penggunaan Agromix Booster meningkatkan konsumsi pakan, meningkatkan efisiensi pakan, memperbaiki status nutrien ternak, meningkatkan pertambahan bobot badan, meningkatkan produksi dan kualitas susu, meningkatkan produksi dan kualitas telur, meningkatkan kinerja reproduksi, memperbaiki status kesehatan ternak, serta sangat prospektif sebagai imbuhan pakan (feed additive) di era pelarangan penggunaan antibiotika di dalam pakan.

Fungsi Agromix Booster Sapi

  • Meningkatkan ADG pada ternak
  • Memperbaiki Reproduksi ternak(indukan)
  • Menambah nafsu makan ternak
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ternak
  • Meningkatkan kecernaan dan efisiensi pakan
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas susu
  • Sebagai pakan tambahan Multifungsi pengganti AGP
  • Keunggulannya ada di komposisi yang seimbang mineral mikro (Fe, Mg, Mn, Se, Co, I)

Hasil Penelitian Penggunaan Agromix Booster Sapi

Penelitian penggunaan Agromix Booster pada sapi sebesar 2 kilogram per ton pakan konsentrat dibandingkan dengan kontrol (tanpa menggunakan Agromix Booster) selama 132 hari dengan menggunakan sapi 3.246 ekosr di perusahaan Widodo Makmur Perkasa Jawa Barat menghasilkan pertambahan bobot badan harian 1,29 kg/ ekor/ hari dibandingkan dengan kontrol dengan jumlah sapi 2.473 ekor selama 139 hari yang menghasilkan 1,21 kg/ ekor/ hari. Jika kita dibandingkan dengan kelompok kontrol selisih pertambahan bobot badan maka penambahan Agromix Booster sebanyak 2 kilogram/ ton meningkatkan ADG 0,073 kg/ ekor/ hari atau 9,75 kg/ ekor selama 132 hari.

Dengan rata-rata konsumsi pakan konsentrat 10 kg/ ekor/ hari maka penggunaan Agromix Booster pada kelompok perlakuan membutuhkan 8,543 kg. Jika harga per kilogram Rp.5000,- maka total biaya yang dikeluarkan Rp. 427.173.600 selama pemeliharaan. Nilai tambah dari ADG sapi jika diasumsikan harga bobot hidup sapi Rp 45.000 sedangkan nilai tambah ADG 9,57 kg dikalikan 3.246 ekor sebesar 31.060 kg. Maka nilai pertambahan bobot badan akibat penambahan Agromix Booster sebesar Rp. 1.397.696.808. Dari perhitungan ini maka benefit cost ratio penambahan Agromix Booster sebesar 3,27 yang artinya setiap mengeluarkan biaya Rp.1 untuk Agromix Booster maka akan meningkatkan nilai ADG sebesar Rp. 3,27.

Agromix Booster Sapi

Agromix-Booster-Sapi

Cara Penggunaan:

0,5% pada campuran pakan konsentrat atau 1 (satu) sendok makan untuk pedet per hari 2 (dua) sendok makan untuk sapi dewasa per hari.

Komposisi:

Calcium (Ca) 26,15%, Phospor (P) 6,5%, Sodium (Na) 2,93%, Iron (I) 1,77%, Magnesium (Mg) 0,25%, Potassium (K) 0,24%, Manganese (Mn) 900,0 ppm, Copper (Cu) 186,6 ppm, Cobalt (Co) 5,3 ppm dan Seleniium (Se) 0,610 ppm.