Bisnis Kreasi Kap Lampu Tembus Pasar Ekspor

Kreativitas yang dibarengi dengan keuletan serta kerja keras merupakan penentu keberhasilan dalam menjalankan sebuah industri kreatif. Dengan kreativitas, maka akan tercipta sebuah inovasi produk yang tidak ‘pasaran’ dan bernilai jual tinggi. Sementara keuletan dan kerja keras merupakan syarat mutlak agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan mencapai kesuksesan. Hal demikian telah dibuktikan oleh Heru Prasetyo (33), seorang perajin kap lampu dari Sleman, yang berjuang mengembangkan usahanya dari nol, hingga kini bisa merambah pasar internasional.

“Negara-negara yang selama ini menjadi tujuan pasar produk kami diantaranya Amerika, Australia, Singapura, Kanada, Ceko, dan negara-negara di Eropa Timur,” imbuhnya. Pras sadar betul perjuangan dalam menembus pasar ekspor memang dibutuhkan kerja keras. Alhasil pihaknya selalu menjaga kualitas dengan menerapkan seleksi ketat untuk setiap barang yang diproduksi.

Kap lampu kreasi Prass Craft Jogja saat ini dipasarkan dengan harga Rp.160.000,00 s.d. Rp.500.000,00/ pcs. Dengan range harga seperti itu, dalam sebulan dirinya bisa memperoleh omzet rata-rata 30 juta Rupiah. “Sejauh ini yang menjadi produk terlaris tetap kap lampu dari kerang, karena memiliki keunikan dan unsur seni yang tinggi,” jelasnya.