Bisnis

Bisnis Kerupuk Ikan Tembus Pasar Ekspor

Berawal dari ketekunan dan kesabaran, Bona candra (53) perantauan dari Bangka yang dulunya sengaja datang ke Tanjung Pinang untuk mengadu nasib di tanah orang, kini beliau sukses menjadi pengusaha kerupuk yang produknya telah menyebar ke penjuru Kepulauan Riau. Tak hanya berhenti sampai disitu, berkat kerja kerasnya kini bisnis kerupuk ikannya tembus hingga pasar ekspor seperti Singapura.

“Awalnya bisa masuk ke Singapura karena dulu saya ditelpon orang Singapura yang minta bertemu di Batam dan membawa sampel produk. Setelah saya menemuinya dan membawa sampel produk, lalu dia mencoba kerupuk saya dan mulai pesan minta dikirim ke singapura rutin seminggu sekali,” ungkapnya.

Dengan bantuan pemerintah khususnya Disperindag yang seringkali mengajak Bona untuk mengikuti berbagai macam event pameran, Bona mengaku selama ini tidak ada kendala untuk bisa ekspor ke Singapura. “Melihat proses pemasaran ke Singapura tak ada kendala yang berarti, kedepannya saya ingin memperluas pemasaran tidak hanya ke Singapura tapi juga bisa merambah pasar eropa dan lain sebagainya,” papar Bona sekaligus menutup sesi wawancara dengan Tim Liputan BisnisUKM.