Bisnis Kerajinan

Berkembang Bersama Kreasi Handmade Kaus Kaki

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar produk handmade berbahan dasar kaus kaki? Penasaran sudah pasti. Rasa penasaran itu pula yang membawa tim liputan bisnisUKM meluncur ke Bantul Yogyakarta, menemui pasangan muda Ahmad Nur Hadi (28) dan sang istri Lia Nirawati (24). Dua sejoli yang berasal dari Mojokerto Jawa Timur tersebut sejak Januari 2011 menekuni kreasi handmade yang sangat unik, yakni boneka, gantungan kunci, gantungan kaca mobil, tirai, dan kalung, yang semuanya berbahan dasar kaus kaki.

Tidak ada bahan baku khusus yang digunakan Lia sebagai penyusun kreasi produknya. Menurutnya semua jenis kaus kaki dengan berbagai bentuk, ukuran, maupun warna bisa digunakan sebagai bahan baku. “Artinya kaus kaki yang kami gunakan disesuaikan dengan produk yang akan dibuat, baik dari segi ukuran, bentuk, dan warnanya,” jelasnya.

Ditambah beberapa komponen bahan baku lain seperti dakron, flanel, benang, dll, Lia dalam sehari mampu membuat 20-25 pcs beragam bentuk dan ukuran. Boneka-boneka lucu tersebut kemudian dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp.30.000,00 s.d. Rp.120.000,00/ pcs, tergantung bentuk dan ukurannya.